Rabu, 19 Maret 2014

Pasar Fokus Pertemuan FOMC Malam Ini


Fokus perhatian pelaku pasar keuangan pada hari ini adalah pada hasil pertemuan FOMC yang akan dirilis tengah malam nanti. FOMC (Federal Open Market Commitee) atau komite pasar terbuka AS melaksanakan sidang pada hari Selasa dan Rabu dan hasilnya akan diumumkan pada rabu malam. Pada sidang kali ini akan kembali dibahas mengenai rencana mengurangi kebijakan stimulus Fed (tapering) untuk ketiga kali. Federal Reserve telah mengurangi program stimulusnya pada pertemuan Desember dan Januari lalu.

Federal Reserve berusaha untuk hati-hati terhadap kebijakannya karena melihat perkembangan laju perekonomian secara jelas untuk memutuskan apakah akan mulai mengetatkan program moneternya. Untuk melakukan pengurangan stimulus (tapering) harus dengan hati-hati dan pertimbangan yang benar pasalnya stimulus juga masih tetap diperlukan untuk memicu pertumbuhan ekonomi.

Janet Yellen selaku ketua Fed saat ini akan mengumumkan keputusan FOMC malam ini, bila Fed memutuskan akan kembali mengurangi program stimulusnya sebesar $10M perbulan, maka dollar akan terapresiasi menguat. Dan akan melemahkan rival-rival seperti emas dan mata uang utama berdenominasi dollar AS.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar